Blogroll

Jumat, 01 Mei 2015

Penampilan kesan pertama





Selama ini saya sangat mementingkan pendidikan akademis. Hamper setiap hari tertib hadir mengikuti pelajaran, selalu memperhatikan apa yang diajarkan, mengerjakan tugas – tugas, mengulang lagi pelajaran yang di ajarkan bahkan sampai mempelajari sendiri hal – hal akademis yang belum di ajarkan. sehingga saya mengesampingkan hal – hal selain akademis.
            Saya merasa kurang di bagian sosial. Tidak pernah ikut organisasi, jarang berpartisipasi dalam suatu hal bahkan bersosialisasi seperlunya saja. Dari segi penampilan juga tidak terlalu mempedulian. Pakai apa adanya saja yang penting nyaman. mungkin karena saya terlalu fokus terhadap sisi akademis saja sehingga aspek lain
            Setelah mengikuti mata kuliah kecakapan antar personal, saya sadar bahwa untuk mencapai kesuksesan bukan hanya kecerdasan akademik saja, tetapi kecerdasan bersosialisasi itu perlu. untuk masuk dalam dunia kerja dituntut mempunyai keluwesan dalam bersosialisasi antar manusia. Contohnya saat wawancara. Meskipun  mempunyai skill yang baik, kalau kita tidak bias mempresentasikan apa yang kita bisa semua menjadi percuma. Dalam kehidupan sehari – hari sosialisasi juga perlu, untuk menjaga keharmonisan juga meminimalisir kesalahpahaman. Dikatakan juga untuk mencapai sukses, 20% dari skill keilmuanmu 80% dari skill sosialmu. Jadi saya harus lebih intens bersosialisasi dengan teman, kawan, keluarga , bahkan lawan. Saya akan mulai mencari komunitas yang sesuai dengan minat. agar kelak kehidupan lebih berwarna dan lebih mudah untuk dijalani.
            Pada perkuliahan pertemuan pertama juga disinggung mengenai penampilan. Penampilan adalah pencerminan dari emosional yang digambarkan melalui busana yang kita pakai. Penampilan meliputi pakaian jenis apa yang kita pakai, wangi – wangian dan postur tubuh. Dari penampilan kita bisa menilai orang, biasanya pada orang yang belum kita kenal. So, saya akan lebih menjaga penampilan. Berpenampilan santai saat di rumah / kostan, berpenampilan professional saat di kampus. Pokoknya berpenampilan sesuai tempatnya. Karena penampilan adalah cerminan dirimu
            Sekian cerita dari saya, inti dari tulisan saya akan menyeimbangkan porsi akademik dengan sosial supaya menjadi pribadi yang lebih dewasa , hangat dan tetap berwawasan luas. Mohon dukungannya.

Irfan Nurrahman
13.11.6792
13S1TI01

0 komentar:

Posting Komentar

Follower

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons